Kaligrafi, Lettering dan Tipografi

Pesatnya perkembangan media komunikasi visual telah mempermudah para penikmat maupun penggiat visual art untuk mengapresiasi dan mengekspresikan karya visualnya secara luas. Salah satu aktivitas visual art yang kini juga tengah populer di Indonesia adalah seni mengeksplorasi huruf. Dalam aktivitas seni tersebut dikenal istilah kaligrafi, lettering dan tipografi.

Ketiga istilah tersebut seringkali digunakan bergantian secara keliru, sehingga maknanya menjadi rancu, terutama bagi orang awam. Selain itu perkembangan teknologi komputer membuat karya lettering dan kaligrafi yang telah didigitalisasi menjadi sulit dibedakan. Kerancuan ini dapat membuat para penggiat baru yang umumnya self-taught menjadi bingung dalam mencari sumber informasi yang tepat.

Bagi seseorang yang ingin mempelajari atau mendalami bidang seni ini, tentunya penting untuk mengetahui perbedaan ketiga istilah tersebut. Kurangnya pemahaman terhadap ketiga istilah tersebut dapat mengahambat komunikasi dengan para kaligrafer, letterer maupun typografer yang dijadikan sebagai sumber rujukan. Bagi para enthusiast seni eksplorasi huruf itu sendiri, penggunaan istilah yang keliru dapat membuatnya tampak tidak professional.

Berikut ini saya telah merangkum dari beberapa situs desain grafis mengenai definisi ketiga istilah tersebut. Semoga postingan ini dapat membuat pembaca lebih mudah dalam memahami perbedaan ketiga istilah tersebut dan tidak keliru dalam menggunakannya.

Kaligrafi
Kaligrafi merupakan seni menulis atau melukis karakter huruf menggunakan dip-pen dengan goresan tunggal (single stroke). Goresan yang tercipta dibuat dengan kekuatan tekanan yang beragam sehingga menghasilkan garis tipis tebal yang indah. Goresan menurun (downstroke) memiliki garis tebal, sementara goresan naik (upstroke) tipis, halus dan melayang.

Calligraphy
Credit: Laura Hooper/lhcalligraphy.com

Keseragaman dan variasi karakter huruf kaligrafi bergantung pada alat tulis yang digunakan dan cara menggunakannya. Round brushes dan flexible nib dapat membuat goresan huruf  dengan ketebalan yang berbeda ketika didorong, ditarik atau diangkat. Flat brushes dan fix nib menghasilkan karakter huruf dengan ketebalan seragam dan goresan yang berubah-ubah ketika diubah arah goresannya.

Kaligrafi merupakan seni terstruktur yang memiliki struktur dasar dan seperangkat aturan yang dijadikan panduan bagi kaligrafer. Keterampilan ini membutuhkan keahlian khusus “menulis huruf” yang perlu dipelajari. Latihan yang konsisten juga diperlukan untuk membiasakan otat tangan membuat goresan tertentu.

Lettering
Lettering merupakan seni menggambar huruf dalam lebih dari satu goresan (multiple stokes) dengan pendekatan lebih ilustratif. Alat tulis yang digunakan dalam membuat lettering sangat beragam, seperti marker, brush pen, gel pen, kapur dan lain-lain. Meskipun karya lettering kini telah banyak diolah dalam format digital, namun pada esensinya lettering tetap dianggap sebagai karya tulis tangan. Karena esensinya ini lettering lebih sering dikenalkan dengan istilah “hand lettering“.

Lettering
Credit: gerald/pixabay.com

Karakter huruf lettering yang dihasilkan tidak memiliki struktur tertentu dan bergantung pada keterampilan setiap seniman. Berbeda dengan kaligrafi yang memerlukan keahlian “menulis huruf”, lettering lebih memerlukan keahlian “menggambar huruf” dan dekorasi. Lettering juga tidak membutuhkan banyak latihan khusus seperti kaligrafi karena dapat dibuat dengan menggambar bebas.

This slideshow requires JavaScript.

Seiring perkembangannya karya lettering juga banyak mengadaptasi bentuk kaligrafi, sehingga disebut “faux calligraphy” atau kaligrafi tiruan. Jenis lettering ini mengambil sebagian prinsip kaligrafi seperti “goresan menurun (downstroke) yang tebal, dan goresan naik (upstroke) yang tipis”. Meski demikian, dalam membuat karya lettering tidak terdapat prinsip atau aturan baku.

Karya lettering dan karya kaligrafi—seperti brush calligraphy, black letter, uncial, fraktur, round hand, copper plate, rustic capitals dan bentuk kaligrafi lainnya—dapat dibedakan dari “bagaimana huruf tersebut dibentuk”. Huruf lettering dibentuk dengan membuat sketsa, menjiplak, memperbesar dan memperhalus karakter huruf atau digambar secara spontan dan ekspresif dengan banyak goresan. Adapun huruf kaligrafi dibuat dari goresan tunggal yang keseragaman dan variasinya bergantung pada alat yang digunakan dan cara menggunakannya.

Tipografi
Tipografi dapat diartikan font atau bentuk/rupa tulisan. Adapun dalam desain grafis tipografi merupakan teknik atau kegiatan menata huruf/font (preformed letter) yang telah dibuat oleh type designer menjadi desain karya visual yang indah. Kegiatan menata huruf meliputi memilih jenis dan ukuran huruf, panjang garis serta pemberian spasi. Subset dari tipografi adalah type design, yaitu kegiatan mendesain huruf/font.

This slideshow requires JavaScript.

Orang yang menciptakan karya desain penataan huruf/font disebut graphic designer atau typographer. Sedangkan orang yang mendesain atau menciptakan huruf/font (preformed letter) disebut type designer. Seorang kaligrafer, letterer maupun graphic designer dapat menjadi type designer jika huruf/font yang dibuatnya disediakan untuk ditata seseorang serta dibuat beberapa salinannya.

Pada saat ini penggunaan istilah tipografi telah meluas hingga mencakup semua kegiatan kaligrafi dan hand lettering moderen. Istilah ini juga lebih senang saya gunakan untuk merujuk  ketiga istilah tersebut sekaligus. Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga penjelasan ini dapat mempermudah dalam membedakan istilah kaligrafi, lettering dan tipografi.

Referensi:
http://letterlanedesignstudio.com/blog/2016/3/22/the-difference-between-hand-lettering-calligraphy-and-typography

http://www.typism.com.au/what-is-the-difference-between-hand-lettering-calligraphy-and-typography/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s